CILEGON, BANTENPRO.CO.ID – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat sudah ada 67.431 orang penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada pada H-8 arus mudik Lebaran 2025.
“Realisasi total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera pada H-8 mencapai 67.431 orang atau naik 89 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.671 orang,” ujar Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis, Senin (24/3/2025).
Sedankan, total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatpada H-8 tercatat 14.500 unit atau naik 55 persen dibandingkan realisasi periode dengan tahun lalu sebanyak 9.363 unit.
Baca Juga: Kemenhub dan ASDP Siapkan Mudik Gratis 2025: Segera Daftar, Kuota Terbatas!
“Sementara penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H- 10 hingga H-8 tercatat 157.372 orang atau naik 65 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 95.215 orang,” katanya.
Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 36.061 unit atau naik 49 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 24.129 unit.
Sebaliknya, berdasarkan data Posko Bakauheni selama 24 jam (periode 23 Maret pukul 00.00 hingga pukul 23.59 WIB), realisasi total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-8 mencapai 67.431 orang atau naik 89 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.671 orang.
Baca Juga: PLN Buka Mudik Gratis 2025 Bersama BUMN, Daftar di Aplikasi PLN Mobile
Lalu, total seluruh kendaraan tercatat 14.500 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-8 atau naik 55 persen dibandingkan realisasi periode dengan tahun lalu sebanyak 9.363 unit.
Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H- 10 hingga H-8 tercatat 157.372 orang atau naik 65 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 95.215 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 36.061 unit atau naik 49% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 24.129 unit.
Dengan seluruh strategi dan kesiapan yang telah dilakukan, ASDP berharap pengguna jasa dapat lebih disiplin dalam mematuhi jadwal keberangkatan yang telah ditentukan.
“Kami memastikan kendaraan yang tiba sesuai jadwal tiket akan mendapat prioritas antrean naik kapal. Kami berterima kasih atas kerja sama pengguna jasa dalam menciptakan perjalanan yang lebih tertib dan nyaman,” ujar Shelvy.***