BANTENPRO.CO.ID – PLN Mobile Hadir sebagai platform digital unggulan untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan dengan memberikan kemudahan serta pengalaman layanan listrik yang andal, sehingga semakin diminati oleh para pelanggan. Di Provinsi Banten sendiri telah terbukti hingga pertengahan Juni 2023 sebanyak 3,37 Juta pengguna telah mengunduh dan menggunakan aplikasi PLN Mobile.
Di Aplikasi PLN Mobile terdapat berbagai macam fitur layanan kelistrikan yang dapat diakses pengguna dimanapun dan kapanpun, salah satunya adalah fitur layanan ‘Catat Meter’ yang memudahkan pelanggan pascabayar untuk dapat mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik di setiap bulannya. Fitur Catat Meter Mandiri/SwaCam ini dihadirkan untuk memberikan transparansi dalam pemakaian listrik pelanggan secara presisi serta pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanannya.
General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menyampaikan saat ini PLN Mobile dapat dibilang sukses menjadi solusi layanan kelistrikan yang mudah dan efisien bagi pelanggan, hal ini terlihat dari jumlah pengguna yang selalu meningkat dari hari ke hari. Tidak hanya itu tercatat aplikasi ini memiliki rating 4,9 di Playstore dan 4,7 di Appstore.
“Bagi Pelanggan Pascabayar semakin dimudahkan dengan fitur layanan Catat Meter Mandiri/SwaCam, pelanggan dapat mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Untuk pencatatan meter mandiri ini dapat dilakukan mulai dari tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya. Bagi pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile bisa segera mengunduhnya di App Store maupun Play Store ya”, ujar Abdul Mukhlis.
Untuk mengakses layanan Catat Meter Mandiri/SwaCam ini caranya sangat praktis dan mudah, pelanggan bisa mengikuti Langkah-langkah sebagai berikut :
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
4. Pilih ID Pelanggan
5. Masukan angka stand meter
6. Kirim
Setelah pelanggan melakukan langkah di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile. Sehingga pelanggan bisa tenang selama musim liburan kali ini.
Makmur Rosid, salah satu warga Taman Royal 3, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang mengaku telah merasakan manfaat fitur PLN Mobile bernama Catat Meter Mandiri/SwaCam ini, ia mengaku telah menggunakan aplikasi PLN Mobile sejak awal Januari 2022 lalu. Ia merasa terbantu dalam hal mengurus tagihan listriknya selama ini karena dapat langsung mengetahui estimasi tagihan rekeningnya.
“Dengan fitur SwaCam ini saya bisa memantau penggunaan listrik dirumah dan langsung tahu estimasi tagihan listrik yang harus dibayar nantinya. Apalagi lagi sekarang musim libur sekolah anak, kami berencana pergi berlibur keluar kota, dengan Aplikasi PLN Mobile ini sangat membantu saya dan istri yang kesehariannya sibuk bekerja, cukup melalui HP bisa dari kantor ataupun rumah, urusan pembayaran tagihan listrik sudah beres. Caranyapun sangat mudah dan praktis, hanya tinggal mengikuti langkahnya, foto kWH Meter, lalu muncul estimasi nya”, ujar Makmur.
Dengan hadirnya berbagai fitur yang ada di PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan untuk bisa mengakses seluruh layanan tanpa perlu lagi ke kantor PLN. Mulai dari melakukan transaksi kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, pembelian token listrik, pembayaran tagihan, penyambungan sementara, pengaduan gangguan, sampai baca meter mandiri semua hanya dalam satu genggaman. Dengan aplikasi PLN Mobile, semua semakin mudah. Ayo sengera unduh aplikasi PLN Mobile sekarang melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS) ya. Liburan nyaman, listrik aman, hatipun tenang.